Cara Pakai Arima8bit Encryption

MANUAL BOOK APLIKASI ENKRIPSI DAN DEKRIPSI



Cara Enkripsi File

Pertama buka aplikasi Arima8bit file encryptor lalu muncul tampilan awal yaitu brupa button dan deskripsi singkat. Tampilan ini hanya muncul saat pertama kali aplikasi dibuka. Untuk mulai mengenkripsi file maka klik button Let’s Secure

Selanjutnya akan diarahkan pada menu Enkripsi, dalam menu ini terdapat beberapa komponen yang dibutuhkan untuk proses enkripsi nantinya. Pengguna dapat memilih satu file yang akan dienkripsi dengan cara klik button Browse.

Saat button Browse di klik, akan muncul tampilan Open File untuk pengguna memilih file yang akan di enkripsi, semua tipe file dapat dienkripsi menggunakan aplikasi ini, seperti .docx, .ppt, .mp3, .mkv, .mp4, .jpg, .png, .exe dan masih banyak lagi. Klik pada item yang akan dipilih lalu klik Open.

Secara otomatis sistem akan mendapatkan lokasi / direktori file tersebut disimpan. Pengguna dapat memilih lokasi tujuan tempat menyimpan hasil file yang telah di enkripsi dengan klik button Tujuan.

Lalu akan terbuka jendela baru untuk memilih direktori tempat menyimpan file hasil enkripsi tersebut, namun jika pengguna tidak mengganti file tujuan maka file hasil enkripsi akan otomatis tersimpan dalam folder yang sama dengan file sebelumnya namun dengan ekstensi yang berbeda.

Selanjutnya jika direktori tujuan telah ditentukan, pengguna diminta memasukkan Password dengan panjang maksimal 8 karakter, Password ini digunakan sebagai kunci untuk melindungi file agar tidak ada orang lain yang dapat membukanya kecuali orang itu mengetahui Password yang dimasukkan tadi. Selain itu pengguna juga diminta untuk memasukkan ulang Password yang bertujuan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan Password oleh pengguna.

Jika semua form telah terisi maka proses enkripsi dapat dilakukan dengan cara klik button Enkripsi, namun sebelumnya pengguna dapat memilih akan me-replace file asli atau tidak dengan cara mencentang Checkbox yang telah disediakan, Setelah proses enkripsi selesai akan ditampilkan notifikasi enkripsi berhasil dan ukuran data yang berhasil di proses.

Pada lokasi tujuan file asli akan tetap disimpan dan terdapat juga file hasil enkripsi.

Sedangkan jika pengguna memilih mereplace file tersebut maka pada lokasi tujuan hanya akan terdapat file enkripsi, karena secara otomatis sistem akan menghapus file asli dan digantikan dengan file hasil enkripsi, untuk mengubahnya menjadi file asli pengguna dapat melakukan dekripsi pada file yang telah terenkripsi.

Setiap proses enkripsi yang dilakukan akan disimpan dalam database sebagai history file apa saja yang telah di enkripsi, dapat dilihat dengan membuka menu File History





Cara Dekripsi File

Untuk melakukan dekripsi, pertama pengguna harus masuk ke dalam menu dekripsi dengan cara klik menu Dekripsi yang terdapat di bagian kiri aplikasi, langkahnya hampir sama dengan saat mengenkripsi file.

Pengguna diminta untuk memilih file yang akan di dekripsi dengan cara klik button Browse.

Lalu sama seperti tahap enkripsi sebelumnya, akan muncul jendela baru untuk memilih file target, perbedaannya pada tahap dekripsi ini pengguna hanya dapat memilih file yang mempunyai ekstensi .encrypt, yaitu file yang telah di enkripsi sebelumnya, klik pada file target dan klik Open.

Secara otomatis sistem akan mendapatkan lokasi / direktori file tersebut disimpan. Pengguna dapat memilih lokasi tujuan tempat menyimpan hasil file yang telah di dekripsi dengan klik button Tujuan, langkahnya sama dengan button tujuan pada menu enkripsi.

Selanjutnya pengguna hanya tinggal menuliskan Password di dalam kolom yang disediakan, Password tersebut harus sama dengan Password yang digunakan pada saat mengenkripsi file tersebut sebelumnya, jika berbeda maka sistem akan memunculkan dialog box dan menolak melakukan dekripsi.

Setelah Password telah diisikan dengan benar maka proses Dekripsi dapat dikakukan dengan cara klik tombol Dekripsi.

Hasil yang diperoleh yaitu file yang sebelumnya terenkripsi kembali menjadi file asli begitu juga dengan ekstensinya. Dapat dilihat pada gambar 35.





Cara Enkripsi Text

Untuk melakukan enkripsi text, pertama pengguna harus masuk ke dalam menu Text Encryption dengan cara klik menu Text Encryption lalu pilih sub menu encryption yang ada di kiri aplikasi, setelah terbuka jendela Text Encryption selanjutnya tuliskan atau tempelkan Plain Text atau text asli yang akan di enkripsi pada form di sebelah kanan

Jika sudah klik tombol Encrypt yang berada di tengah,selanjutnya akan muncul pop up untuk memasukan password, password ini yang nantinya akan menjadi kunci untuk proses enkripsi dan dekripsi.

Jika sudah memasukan password selanjutnya dapat klik tombol OK dan akan memulai proses enkripsi. Output Text yang sudah di enkripsi akan ditampilkan di form sebelah kanan

Untuk mengembalikan dekripsi text langkah – langkahnya hampir sama dengan enkripsi text hanya dengan membuka sub menu dekripsi yang terletak di samping kiri aplikasi. Jika password yang dimasukan sama dengan password yang digunakan untuk enkripsi, maka text hasil enkripsi akan kembali ke text asli




Cara Mengirim Email dengan Email Sender

Untuk mengirim email menggunakan email sender pada aplikasi enkripsi ini sangat mudah, dengan klik menu email sender, setelah itu klik button sign in untuk masuk menggunakan Gmail.

Jika berhasil Login, tombol akan berubah warna menjadi hijau dan dapat langsung mengirim email dengan memasukan email tujuan, judul pesan, isi pesan yang sebelumnya di enkripsi menggunakan text emcryption, dan attach file yang sebelumnya di enkripsi, dengan cara emailanda akan aman walaupun seseorang yang tidak berwenang dapat membuka akun email anda.



Cara Enkripsi Password

Untuk mengenkripsi password pengguna dapat masuk ke menu Password Secure setelah itu pilih jenis akun yang akan diamankan, isikan email dan password lalu klik tombol secure.

Password yang baru akan muncul, password ini adalah hasil hashing dari password asli dan dimanipulasi agar menghasilkan password yang sangat aman untuk digunakan di setiap Social Media maupun web lain.

Setiap akun yang di amankan akan tercatat di menu Account List.
Previous
Next Post »