Cara Membuat WBS (Work Breakdown Structure) Microsoft Office Project


Kali ini kita akan belajar Cara Membuat WBS (Work Breakdown Structure) menggunakan Microsoft Office Project, sebelum kita belajar untuk membuatnya, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud WBS

Apa Itu Work Breakdown Structure ?

Work breakdown structure (WBS) adalah suatu metode pengorganisasian proyek menjadi struktur pelaporan hierarakis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.

WBS disusun berdasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci.

Pada dasarnya WBS merupakan suatu daftar yang bersifat top-down secara hirarki, menerangkan komponen-komponen yang harus dibangun dan pekerjaan yang berkaitan dengannya. (Wikipedia)


Cara Membuat WBS :

Disini saya akan membuat WBS berdasarkan pembuatan proyek Penulisan Ilmiah saya, pertama tama buat dulu struktur pengerjaan penulisan ilmiah seperti berikut




Proses pembuatan Struktur diatas saya menggunakan SmartArt pada Microsoft Word



Setelah semua selesai selanjutnya kita akan membuat Gantt Chart menggunakan software Microsoft Office Project, untuk yang belum punya silahkan download disini :


Langkah Langkah :
1. Buka Office Project, masuk ke tab Task, lalu pilih Gantt Chart di pojok kiri atas


  

2. Buat Task sesuai dengan Struktur yang kalian buat sebelumnya, gunakan menu berikut untuk menggeser task





3. Simpan Sebagai PDF atau tipe file lainnya


Previous
Next Post »